Nemu foto di group facebook Cornering Indonesia hasil
karya mas Lulus Kurniawan salah satu member Cornering Indonesia. Saya
coba ulas ulang untuk lebih mengenal karakter sikuit Gery Mang Subang.
Idealnya sih untuk memahami karakter sikuitnya kita harus mencoba dulu
sirkuit ini baru setelah itu kita mempelajari racing line ini. Tapi
daripada buta sama sikuit ini, meding liat dulu gambaran track dari
sirkuit Gery Mang ini.
Sirkuit Gery Mang adalah salah satu sirkuit permanen yang ada di kota Subang Jawa Barat. Tempatnya ga jauh dari pusat kota subang, kalau dari Bandung kira-kira perjalanan 1 jam pakai sepeda motor.
Sirkuit Gery Mang adalah salah satu sirkuit permanen yang ada di kota Subang Jawa Barat. Tempatnya ga jauh dari pusat kota subang, kalau dari Bandung kira-kira perjalanan 1 jam pakai sepeda motor.
Pengenalan sirkuit Gery Mang
Sebelum membahas sirkuitnya, silahkan bisa dipelajari dulu dengan melihat gambar di bawah ini:
Sebelum membahas sirkuitnya, silahkan bisa dipelajari dulu dengan melihat gambar di bawah ini:
R1
Tikungan ke kanan, kesulitan cukup tinggi memiliki karakter blind corner dengan radius menyempit. Biasanya dilewati dengan rolling speed dan mengambil late apex
R2
Tikungan ke kiri dengan keepatan medium, menjaga kecepatan disini sangat penting untuk memasuki R3
R3
Tikungan ke kiri yang cepat, dengan racing tepat dapat dilalui tanpa menurunkan gas
R4 dan R5
Dua tikungan kekiri yang berdekatan, untuk melaluinya dapat dianggap sebagai satu tikungan dengan double apex atau dapat juga dengan late apex diamil pada R5
R6
Salah satu tikungan low speed dengan chamber positif. Racing line tergantung pada jalur keluar dari R5
R7
Tikungan high speed ke kanan, dilalui dengan rolling speed, bukaan gas dan pengereman akan tergantung pada motor yang digunakan.
R8
Tikungan ke kanan yang cukup sulit karena tergolong low speed, berhati-hati saat di tikungan ini karena seakan menyempit saat keluar tikungan dan sangat mungkin melintasi Kerb
R9, R10 dan R11
Chicane rapat ke kanan, ke kiri dan ke kanan lagi. Pemilihan line yang tepat ketika masuk R9 sangatlah penting karena dengan line tepat maka kecepatan dapat di jaga dan kelincahan dalam mengendalikan motor sangat diperlukan.
R12
Tikungan low speed ke kiri dengan chamber positif. terlihat mudah tetapi kebanyakan crash di sirkuit terjadi pada tikungan ini
R13 dan R14
Dua tikungan terakhir cukup sulit karena pemilihan line sangat penting. Dapat dianggap satu tikungan dengan double apex, mengambil lurus dari bagian kanan sebelum memasuku R13, mengerem lurus menuju apex R13 dan early apex R14
Tikungan ke kanan yang cukup sulit karena tergolong low speed, berhati-hati saat di tikungan ini karena seakan menyempit saat keluar tikungan dan sangat mungkin melintasi Kerb
R9, R10 dan R11
Chicane rapat ke kanan, ke kiri dan ke kanan lagi. Pemilihan line yang tepat ketika masuk R9 sangatlah penting karena dengan line tepat maka kecepatan dapat di jaga dan kelincahan dalam mengendalikan motor sangat diperlukan.
R12
Tikungan low speed ke kiri dengan chamber positif. terlihat mudah tetapi kebanyakan crash di sirkuit terjadi pada tikungan ini
R13 dan R14
Dua tikungan terakhir cukup sulit karena pemilihan line sangat penting. Dapat dianggap satu tikungan dengan double apex, mengambil lurus dari bagian kanan sebelum memasuku R13, mengerem lurus menuju apex R13 dan early apex R14
Tidak ada komentar:
Posting Komentar